Sabtu, 27 September 2008
KAMU BEBAS DALAM BELAJAR
Belajar berbasis Aneka Sumber (BEBAS), apakah gerangan dia itu sebenarnya? BEBAS atau aslinya dikenal dengan istilah Resources-based Learning merupakan salah satu strategi penerapan pradigma konstruktifism. Dalam paradigma pendidikan tradisional, guru dianggap sebagai satu-satunya sumber belajar. Dalam paradigma pendidikan modern, tidak lagi demikian. Siswa dapat belajar dari berbagai sumber lain tidak hanya guru. Apalagi dalam era informasi saat ini, informasi tersedia dimana-mana dalam berbagai bentuk dan jenis mulai dari bentuk cetak, non-cetak, bahkan sumber belajar dari manusia itu sendiri. Siswa dari sekolah X katakanlah dapat belajar tentang konsep teknologi pendidikan dengan saya yang bukan guru di sekolah tersebut via internet (chatting, email, dll). Masalahnya adalah bagaimana seorang guru dapat mengemas aneka sumber belajar itu menjadi suatu bagian yang terintegrasi dari strategi pembelajaran yang dia lakukan. Menantang, dan menuntut kreatifitas dan persiapan yang matang tentunya.
Coba kita lihat salah satu definisinya:
Resource-Based Learning is the instructional strategy where students construct meaning through interaction with a wide range of print, non-print and human resources. (http://www.centralischool.ca/~bestpractice/resource/index.html)
Secara gambalang dikatakan bahwa BEBAS adalah strategi pembelajaran dimana siswa membangun pemahamannya melalui interaksi dengan berbagai sumber belajar baik cetak, non-cetak, maupun orang. Jadi, BEBAS sangat terkait erat dengan pendekatan konstruktifistik, metode belajar peemcahan masalah (problem-based learning, inquiry learning, atau pembelajaran berbasis proyek (project-based learning). BEBAS mendorong siswa meningkatkan literasi informasi, meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam era informasi/global saat ini. Jadi tidak ada lagi seorang guru medokmakan suatu LKS atau apapun namanya yang orientasinya sangat sempit.Disamping itu BEBAS lebih berpusat pada siswa (student-centered learning) yang memungkinkan siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri, dimana guru lebih berperan sebagai fasilitator dan manajer pembelajaran. Nah disinilah guru bukan raja di kelas yang bisa seenaknya memainkan ototitasnya ataupun bukan satu-satunya sumber ilmu yang paling valid. Prinsipnya belajar bisa dimana saja(tidak terbatas ruang dan waktu).
Apa sebenarnya kelebihan lain dari BEBAS? Kita lihat kelebihannya saja ya, karena tidak ada kelemahan kecuali menuntut kreatifitas, kemauan yang keras dan persiapan yang matang dari guru.:) Berikut adalah keuntungan dari BEBAS:
BEBAS mengakomodasi perbedaan individu baik dalam hal gaya belajar, kemampuan, kebutuhan, minat, dan pengetahuan awal mereka. Dengan demikian, siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatannya masing-masing. Sumber belajar dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.
BEBAS mendorong pengembangan kemampuan memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan keterampilan mengevaluasi. Jadi, BEBAS memungkinkan siswa menjadi kreatif dan memiliki ide-ide orisinal.
Proses pembelajaran dengan metode BEBAS mendorong siswa untuk bisa bertanggung jawab teradap belajarnya sendiri. Jadi, dapat melatih kemandirian belajar sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih bermakna, lebih tertanam dalam pada dirinya karena ia sendiri secara pribadi yang menemukan dan membangun pemahaman.
BEBAS menyediakan peluang kepada siswa untuk menjadi pengguna teknologi informasi dan komunikasi yang efektif. Dengan demikian dapat membangun masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society). Ia akan mampu bagaimana menemukan, dan memilih informasi yang tepat, menggunakan informasi tersebut, mengolah dan menciptakan pengetahuan baru berdasarkan informasi tersebut serta menyebarluaskan atau menyajikan kembali informasi tersebut kepada orang lain.
Terakhir. Dengan BEBAS, siswa akan belajar bagaimana belajar. Sekali ia melek informasi, ia akan mengembangkan sikap positif dan keterampilan yang sangat berguna bagi dirinya dalam era informasi yang sedang dan akan dihadapinya kelak. Jadi, pada akhirnya BEBAS dapat membekali keterampilan hidup bagi siswa.
Sampai di sini dulu pembahasan kita, tetap semangat dan belajar. Silakan praktikan.
Coba kita lihat salah satu definisinya:
Resource-Based Learning is the instructional strategy where students construct meaning through interaction with a wide range of print, non-print and human resources. (http://www.centralischool.ca/~bestpractice/resource/index.html)
Secara gambalang dikatakan bahwa BEBAS adalah strategi pembelajaran dimana siswa membangun pemahamannya melalui interaksi dengan berbagai sumber belajar baik cetak, non-cetak, maupun orang. Jadi, BEBAS sangat terkait erat dengan pendekatan konstruktifistik, metode belajar peemcahan masalah (problem-based learning, inquiry learning, atau pembelajaran berbasis proyek (project-based learning). BEBAS mendorong siswa meningkatkan literasi informasi, meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam era informasi/global saat ini. Jadi tidak ada lagi seorang guru medokmakan suatu LKS atau apapun namanya yang orientasinya sangat sempit.Disamping itu BEBAS lebih berpusat pada siswa (student-centered learning) yang memungkinkan siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri, dimana guru lebih berperan sebagai fasilitator dan manajer pembelajaran. Nah disinilah guru bukan raja di kelas yang bisa seenaknya memainkan ototitasnya ataupun bukan satu-satunya sumber ilmu yang paling valid. Prinsipnya belajar bisa dimana saja(tidak terbatas ruang dan waktu).
Apa sebenarnya kelebihan lain dari BEBAS? Kita lihat kelebihannya saja ya, karena tidak ada kelemahan kecuali menuntut kreatifitas, kemauan yang keras dan persiapan yang matang dari guru.:) Berikut adalah keuntungan dari BEBAS:
BEBAS mengakomodasi perbedaan individu baik dalam hal gaya belajar, kemampuan, kebutuhan, minat, dan pengetahuan awal mereka. Dengan demikian, siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatannya masing-masing. Sumber belajar dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.
BEBAS mendorong pengembangan kemampuan memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan keterampilan mengevaluasi. Jadi, BEBAS memungkinkan siswa menjadi kreatif dan memiliki ide-ide orisinal.
Proses pembelajaran dengan metode BEBAS mendorong siswa untuk bisa bertanggung jawab teradap belajarnya sendiri. Jadi, dapat melatih kemandirian belajar sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih bermakna, lebih tertanam dalam pada dirinya karena ia sendiri secara pribadi yang menemukan dan membangun pemahaman.
BEBAS menyediakan peluang kepada siswa untuk menjadi pengguna teknologi informasi dan komunikasi yang efektif. Dengan demikian dapat membangun masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society). Ia akan mampu bagaimana menemukan, dan memilih informasi yang tepat, menggunakan informasi tersebut, mengolah dan menciptakan pengetahuan baru berdasarkan informasi tersebut serta menyebarluaskan atau menyajikan kembali informasi tersebut kepada orang lain.
Terakhir. Dengan BEBAS, siswa akan belajar bagaimana belajar. Sekali ia melek informasi, ia akan mengembangkan sikap positif dan keterampilan yang sangat berguna bagi dirinya dalam era informasi yang sedang dan akan dihadapinya kelak. Jadi, pada akhirnya BEBAS dapat membekali keterampilan hidup bagi siswa.
Sampai di sini dulu pembahasan kita, tetap semangat dan belajar. Silakan praktikan.
Selasa, 23 September 2008
Rahasia Nama Anda
Catatan yang ada dalam artikel ini bukan untuk dipercayai 100%. Ia hanyalah sebagai bahan untuk menambah pengetahuan kita dan kajian selanjutnya:
A
Ramah dan murah senyuman. Mereka juga pandai menyesuaikan diri dalam
pergaulan selain bijaksana dan cerdas. Kelemahannya, sangat mudah
berasa hati, dan mudah mengeluarkan kata-kata pedas ketika meluahkan
perasaan marah. Meskipun begitu marahnya mudah reda.
B
Selalu tenang dalam menghadapi masalah yang rumit dan membahayakan
dirinya adalah ciri penampilannya. Mereka juga sangat setia dan
penyabar, yang menjadikannya amat disenangi dalam pergaulan.
Kelemahannya, sangat mudah tersinggung.
C
Ramah dan pandai berbicara. Ini yang menjadikannya popular di kalangan
rakan-rakan. Mereka tidak bersungguh dalam bertindak dan selalu
menganggap masalah yang dihadapi adalah remeh.
D
Pendiam, bercakap hanya bila perlu. Sopan, berdisiplin dan kuat
bekerja. Kelebihannya itulah yang menghasilkan kejayaan dalam mencapai
cita-cita. Kelemahannya adalah selalu bimbang dan sukar mempercayai
orang lain.
E
Pandai dan penuh pertimbangan dalam menjalankan tanggung jawab.
Sikapnya periang bila hatinya senang, tetapi suka berdiam diri apabila
hatinya gundah dan boleh membuatkan hati orang lain terluka.
F
Punya pendirian yang teguh, tidak mudah goyah dan keras kepala. Mereka
juga sukar memaafkan. Tidak setia dan amat berhati-hati bila berbelanja.
G
Kerap murung dan bersedih hati. Pendiriannya mudah dipengaruhi. Tekun
belajar ketika rakannya bermalas-malasan dan sebaliknya suka
bermalas-malasan ketika rakannya sedang tekun.
H
Mudah simpati, bahasanya lemah-lembut. Tidak pernah melukai perasaan
orang lain. Selalu tergesa-gesa dalam melakukan pekerjaan, suka
berkhayal dan bercita-cita terlalu tinggi.
I
Suka memendam perasaan dan permasalahan. Mereka juga mudah merasa curiga dan cemburu terhadap orang lain. Suka menangis.
J
Ramah dan murah senyuman. Mereka juga pandai menyesuaikan diri dalam
pergaulan. Mudah merasa ragu dalam membuat keputusan dan tidak tegas.
K
Pandai berjenaka. Hari-harinya sentiasa ceria walaupun perasaannya gundah. Kelemahannya suka bercerita rahsia sendiri.
L
Ramah dan pandai bergaul dan mempunyai ramai kawan. Tidak suka bergosip
dan mencampuri urusan orang lain. Amat berhati-hati bila berbelanja.
Kelemahannya, tidak menepati masa.
M
Pandai dan kreatif, suka kelembutan dan jika dikongkong, mereka akan
berontak. Senang dijadikan sahabat, kerana mereka tidak berkira.
Kelemahannya, boros dan keras kepala.
N
Baik hati dan rapi dalam berpakaian. Mereka suka menghulurkan tangan
menolong orang lain tanpa memikirkan balasan. Kelemahannya, mudah
bersedih hati dan kurang percaya diri.
O
Serba boleh. Suka memendam perasaan dan permasalahan serta sukar
mempercayai orang lain. Akibatnya ramai yang menggapnya sombong dan
suka memilih teman.
P
Pandai berjenaka dan selalu ceria. Punya banyak idea dan sangat kretif.
Sering melakukan sesuatu yang belum dilakukan orang lain. Agak
pendendam dan boros.
Q
Setia dan mudah memaafkan orang lain. Suka meluangkan waktunya untuk kawan-kawan. Keras kepala, sukar diatur dan mudah emosi.
R
Pendiam dan bercakap hanya bila perlu. Tekun dengan kerja yang disukai
dan bersungguh-sungguh dalam mengejar cita-cita. Suka mengkritik.. Dan
sukar mengawal bicara ketika marah.
S
Pandai dan tekun dalam mengejar cita-cita. Tidak suka pada orang yang
suka memungkiri janji. Kelemahannya mudah tersinggung selain sukar
menahan emosi. Jika sudah emosi marahnya meledak-ledak.
T
Sangat berdisiplin. Selalu mengerjakan sesuatu menurut aturan buku.
Tidak suka mengelamun atau bermalas-malasan. Suka menonjolkan diri
selain senang gugup, terutama bila bersalah.
U
Suka berterus-terang dan menyendiri. Naif baginya merugikan orang lain.
Tidak tahan dengan kritikan dan kurang pandai menyusun kata-kata jika
berbicara didepan orang ramai.
V
Tutur katanya lembut dan pemalu. Pandai meyesuiakan diri. Selain itu,
mereka juga pandai menguasai orang disekitarnya dengan cerita-cerita
yang memikat. Tidak suka berterus terang.
W
Ramah dan mudah simpati. Sikapnya amat menawan. Punya toleransi yang
tinggi dan ringan tangan. Keras kepala dan sukar diatur, tetapi hatinya
boleh dilembutkan dengan kesabaran dan kelembutan.
X
Budi pekertinya halus. Suka melakukan pekerjaan sosial. Mudah
tersinggung dan tidak akan berbaik dengan mereka yang menyinggungnya.
Y
Pendiam dan tidak suka menonjolkan diri. Ramai menganggapnya sombong
walaupun sebenarnya mereka adalah sahabat yang baik. Tidak berani
mengemukakan pendapat.
Z
Pandai berjenaka dan menyesuaikan diri dalam pergaulan. Suka disapa terlebih dulu dan gemar menonjolkan diri.
A
Ramah dan murah senyuman. Mereka juga pandai menyesuaikan diri dalam
pergaulan selain bijaksana dan cerdas. Kelemahannya, sangat mudah
berasa hati, dan mudah mengeluarkan kata-kata pedas ketika meluahkan
perasaan marah. Meskipun begitu marahnya mudah reda.
B
Selalu tenang dalam menghadapi masalah yang rumit dan membahayakan
dirinya adalah ciri penampilannya. Mereka juga sangat setia dan
penyabar, yang menjadikannya amat disenangi dalam pergaulan.
Kelemahannya, sangat mudah tersinggung.
C
Ramah dan pandai berbicara. Ini yang menjadikannya popular di kalangan
rakan-rakan. Mereka tidak bersungguh dalam bertindak dan selalu
menganggap masalah yang dihadapi adalah remeh.
D
Pendiam, bercakap hanya bila perlu. Sopan, berdisiplin dan kuat
bekerja. Kelebihannya itulah yang menghasilkan kejayaan dalam mencapai
cita-cita. Kelemahannya adalah selalu bimbang dan sukar mempercayai
orang lain.
E
Pandai dan penuh pertimbangan dalam menjalankan tanggung jawab.
Sikapnya periang bila hatinya senang, tetapi suka berdiam diri apabila
hatinya gundah dan boleh membuatkan hati orang lain terluka.
F
Punya pendirian yang teguh, tidak mudah goyah dan keras kepala. Mereka
juga sukar memaafkan. Tidak setia dan amat berhati-hati bila berbelanja.
G
Kerap murung dan bersedih hati. Pendiriannya mudah dipengaruhi. Tekun
belajar ketika rakannya bermalas-malasan dan sebaliknya suka
bermalas-malasan ketika rakannya sedang tekun.
H
Mudah simpati, bahasanya lemah-lembut. Tidak pernah melukai perasaan
orang lain. Selalu tergesa-gesa dalam melakukan pekerjaan, suka
berkhayal dan bercita-cita terlalu tinggi.
I
Suka memendam perasaan dan permasalahan. Mereka juga mudah merasa curiga dan cemburu terhadap orang lain. Suka menangis.
J
Ramah dan murah senyuman. Mereka juga pandai menyesuaikan diri dalam
pergaulan. Mudah merasa ragu dalam membuat keputusan dan tidak tegas.
K
Pandai berjenaka. Hari-harinya sentiasa ceria walaupun perasaannya gundah. Kelemahannya suka bercerita rahsia sendiri.
L
Ramah dan pandai bergaul dan mempunyai ramai kawan. Tidak suka bergosip
dan mencampuri urusan orang lain. Amat berhati-hati bila berbelanja.
Kelemahannya, tidak menepati masa.
M
Pandai dan kreatif, suka kelembutan dan jika dikongkong, mereka akan
berontak. Senang dijadikan sahabat, kerana mereka tidak berkira.
Kelemahannya, boros dan keras kepala.
N
Baik hati dan rapi dalam berpakaian. Mereka suka menghulurkan tangan
menolong orang lain tanpa memikirkan balasan. Kelemahannya, mudah
bersedih hati dan kurang percaya diri.
O
Serba boleh. Suka memendam perasaan dan permasalahan serta sukar
mempercayai orang lain. Akibatnya ramai yang menggapnya sombong dan
suka memilih teman.
P
Pandai berjenaka dan selalu ceria. Punya banyak idea dan sangat kretif.
Sering melakukan sesuatu yang belum dilakukan orang lain. Agak
pendendam dan boros.
Q
Setia dan mudah memaafkan orang lain. Suka meluangkan waktunya untuk kawan-kawan. Keras kepala, sukar diatur dan mudah emosi.
R
Pendiam dan bercakap hanya bila perlu. Tekun dengan kerja yang disukai
dan bersungguh-sungguh dalam mengejar cita-cita. Suka mengkritik.. Dan
sukar mengawal bicara ketika marah.
S
Pandai dan tekun dalam mengejar cita-cita. Tidak suka pada orang yang
suka memungkiri janji. Kelemahannya mudah tersinggung selain sukar
menahan emosi. Jika sudah emosi marahnya meledak-ledak.
T
Sangat berdisiplin. Selalu mengerjakan sesuatu menurut aturan buku.
Tidak suka mengelamun atau bermalas-malasan. Suka menonjolkan diri
selain senang gugup, terutama bila bersalah.
U
Suka berterus-terang dan menyendiri. Naif baginya merugikan orang lain.
Tidak tahan dengan kritikan dan kurang pandai menyusun kata-kata jika
berbicara didepan orang ramai.
V
Tutur katanya lembut dan pemalu. Pandai meyesuiakan diri. Selain itu,
mereka juga pandai menguasai orang disekitarnya dengan cerita-cerita
yang memikat. Tidak suka berterus terang.
W
Ramah dan mudah simpati. Sikapnya amat menawan. Punya toleransi yang
tinggi dan ringan tangan. Keras kepala dan sukar diatur, tetapi hatinya
boleh dilembutkan dengan kesabaran dan kelembutan.
X
Budi pekertinya halus. Suka melakukan pekerjaan sosial. Mudah
tersinggung dan tidak akan berbaik dengan mereka yang menyinggungnya.
Y
Pendiam dan tidak suka menonjolkan diri. Ramai menganggapnya sombong
walaupun sebenarnya mereka adalah sahabat yang baik. Tidak berani
mengemukakan pendapat.
Z
Pandai berjenaka dan menyesuaikan diri dalam pergaulan. Suka disapa terlebih dulu dan gemar menonjolkan diri.
Jumat, 19 September 2008
Proses Pembangunan Mental
Memang tidak mudah seperti yang dikatakan, pembentukan mental perlu ketekunan dan kedisiplinan, terlebih lagi di era yang penuh dengan arus informasi yang sering cepat mempengaruhi karakter dan jiwa masyarakat.
Berikut ini saya sajikan beberapa proses pembangunan mental yang berdasar peningkatan kecerdasan emosi dan spiritual.
Sebelumnya pembangunan mental dimulai dengan menggali suara hati (god spot) dan Penjernihan Emosi (zero mind)
Suara hati manusia pada prinsipnya sama, ada pengakuan yang universal. Manusia punya pengakuan ketuhanan dan kesadaran diri bahwa ia adalah makhluk ciptaan Tuhan. Pada prinsipnya manusia mengakui nilai-nilai kebaikan yang dibawa dari lahirnya dan nilai-nilai kebenaran penciptnya.
Untuk memudahkan masuknya prinsip-prinsip hidup yang baik ke dalam hati , perlu adanya perjernihan dimana pikiran tidak terkontaminasi dengan energi negative yang akan mendominasi.
Selanjutnya dalam pembangunan mental (mental building) implementasinya dapat menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :
1. Star Principle
Prinsip hidup tauhid yang kokoh dapat mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh manusia dalam menjalani hidup. Di sinilah landasan dari segala landasan karena bertindak hanya semata untuk penciptnya. Bagi anda umat Islam sholat adalah kunci dari pembangunan mental. Ketundukan dan ketaatan untuk membuka kembali sumber-sumber suara hati. Ucapan takbir adalah pengakuan bahwa Allah – lah yang memiliki kebesaran, dan sifat kebesaran ini akan mengisi jiwa manusia untuk senantiasa maraih kemenangan dan kebesaran hati yang bersih.
2. Angel Principle
Kepercayaan bukanlah pemberian dari orang lain, tapi upaya yang merupakan hasil imbal balik bagi seseorang yang telah menujukkan loyalitas dan integritas tinggi dan komitmen yang terus menerus.
3. Leadership principle
Kepemimpinan adalah sebuah pengaruh dan bukan otoritas. Ia berangkat dari integritas dan kepercayaan serta komitmen yang tinggi sehingga membentuk kepribadian. Sholat merupakan pelatihan kepemimpinan yang sesungguhnya.
4. Learning Principle
Sholat memiliki nilai pembelajaran yang tinggi. Sujud dan rukuk melambangkan langkah manusia yang dinamis tetap memiliki jiwa yang luhur meskipun kening menempel tanah (kehidupan manusia). Duduk pada tahiyyat melambangkan keikhlkan setelah berjuang (rukuk dan sujud) dan jari menunjuk ke depan yang senantiasa berkomitmen ke depan konsisten untuk mengabdi Yang Esa.
5. Vision Principle
Sholat adalah visualisasi atau simulasi kehidupan dengan sebuah cita-cita yang luhur. Para ahli dan beberap bukti nyata telah menujukkan bahwa orang-orang besar selalu memiliki visi yang kuat di kepalanya sebelum ia merealisasikan di alam nyata. Inilah kunci dari sebuah keberhasilan dan kekuatan sebuah visualisasi. Doa merupakn visi dan akan menjadikan guratan bayangan yang kuat dalam jiwa dan pikiran seseorang.
6. Well Organized Principle
Sebuah keteraturan adalah sebuah disiplin. Disiplinlah yang akan mampu menjaga serta memelihara alur system yang terbentuk. Semesta ini bertahan lama karena ada kedisiplinan gerak yang melahirkan keteraturan dan keindahan.
Nah semua akan bisa diwujudkan apabila kita mau melakukannya.
Cilacap, 18 September 2008
Winardi
Berikut ini saya sajikan beberapa proses pembangunan mental yang berdasar peningkatan kecerdasan emosi dan spiritual.
Sebelumnya pembangunan mental dimulai dengan menggali suara hati (god spot) dan Penjernihan Emosi (zero mind)
Suara hati manusia pada prinsipnya sama, ada pengakuan yang universal. Manusia punya pengakuan ketuhanan dan kesadaran diri bahwa ia adalah makhluk ciptaan Tuhan. Pada prinsipnya manusia mengakui nilai-nilai kebaikan yang dibawa dari lahirnya dan nilai-nilai kebenaran penciptnya.
Untuk memudahkan masuknya prinsip-prinsip hidup yang baik ke dalam hati , perlu adanya perjernihan dimana pikiran tidak terkontaminasi dengan energi negative yang akan mendominasi.
Selanjutnya dalam pembangunan mental (mental building) implementasinya dapat menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :
1. Star Principle
Prinsip hidup tauhid yang kokoh dapat mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh manusia dalam menjalani hidup. Di sinilah landasan dari segala landasan karena bertindak hanya semata untuk penciptnya. Bagi anda umat Islam sholat adalah kunci dari pembangunan mental. Ketundukan dan ketaatan untuk membuka kembali sumber-sumber suara hati. Ucapan takbir adalah pengakuan bahwa Allah – lah yang memiliki kebesaran, dan sifat kebesaran ini akan mengisi jiwa manusia untuk senantiasa maraih kemenangan dan kebesaran hati yang bersih.
2. Angel Principle
Kepercayaan bukanlah pemberian dari orang lain, tapi upaya yang merupakan hasil imbal balik bagi seseorang yang telah menujukkan loyalitas dan integritas tinggi dan komitmen yang terus menerus.
3. Leadership principle
Kepemimpinan adalah sebuah pengaruh dan bukan otoritas. Ia berangkat dari integritas dan kepercayaan serta komitmen yang tinggi sehingga membentuk kepribadian. Sholat merupakan pelatihan kepemimpinan yang sesungguhnya.
4. Learning Principle
Sholat memiliki nilai pembelajaran yang tinggi. Sujud dan rukuk melambangkan langkah manusia yang dinamis tetap memiliki jiwa yang luhur meskipun kening menempel tanah (kehidupan manusia). Duduk pada tahiyyat melambangkan keikhlkan setelah berjuang (rukuk dan sujud) dan jari menunjuk ke depan yang senantiasa berkomitmen ke depan konsisten untuk mengabdi Yang Esa.
5. Vision Principle
Sholat adalah visualisasi atau simulasi kehidupan dengan sebuah cita-cita yang luhur. Para ahli dan beberap bukti nyata telah menujukkan bahwa orang-orang besar selalu memiliki visi yang kuat di kepalanya sebelum ia merealisasikan di alam nyata. Inilah kunci dari sebuah keberhasilan dan kekuatan sebuah visualisasi. Doa merupakn visi dan akan menjadikan guratan bayangan yang kuat dalam jiwa dan pikiran seseorang.
6. Well Organized Principle
Sebuah keteraturan adalah sebuah disiplin. Disiplinlah yang akan mampu menjaga serta memelihara alur system yang terbentuk. Semesta ini bertahan lama karena ada kedisiplinan gerak yang melahirkan keteraturan dan keindahan.
Nah semua akan bisa diwujudkan apabila kita mau melakukannya.
Cilacap, 18 September 2008
Winardi
Kamis, 18 September 2008
Bekerja di Lingkungan sosial berbeda
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Apa arti perbedaan budaya?
Perbedaan budaya adalah p[erbedaan cara berperilaku dan berinteraksi dengan orang dari budaya yang berbeda. Kadang perbedaan cara akan kelihatan aneh atau ofensif bagi orang lain. Kepedulian terhadap perbedaan budaya akan memberikan anda pemahaman kenapa orang bertindak seperti yang mereka lakukan dan bereaksi kepada anda sesuai tindakan mereka.
Perbedaan budaya mungkin berkaitan dengan :
Ras/kelompok etnis
Bahasa
Orang dengan kekurangannya
Struktur keluarga
Jenis kelamin
usia
pilihan seksual
Agama
Status sosial
OHT 2 HO 3
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Hormat dapat didefinisikan sebagai :
Pertimbangan dan kepedulian terhadap jalan hidup yang berbeda.
Contohnya:
OHT 3 HO 4
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Kepekaan dapat di gambarkan sebagai:
Penghargaan terhadap latarbelakang dan budaya orang lain.
Tindakan yang tidak memfonis ketika berinteraksi dengan orang lain.
Contohnya:
OHT 4 HO 5
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Kita dapat menunjukan rasa hormat terhadap perbedaan budaya dengan :
Mempersilahkan orang lain dengan cara yang ramah.
Akrab
Persiapkan menggunakan solusi mereka meskipun solusi kita adalah yang baik.
Memperkenalkan dan mencoba mengenal latarbelakang mereka(kebangsaan, ras, usia dll.)
Menawarkan saran daripada memberikan perintah atau instruksi.
Dengarkan apa yang mereke katakan
Mencoba untuk memahami kebutuhan mereka dan keinginan mereka.
OHT 5 HO 6
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Kita bisa menjadi sensitif dengan budaya yang berbeda dengan :
Menjadi responsif terhadap pertanyaan, masalah dan kebutuhan mereka
Bertanya untuk meyakinkan situasi mereka.
Menunjukan empati dan pengertian terhadap situasi mereka.
Memberi perhatian penuh kepada mereka dan tidak terpengaruh dengan apa yang terjadi.
Tidak menilai tentang mereka.
OHT 6 HO 7
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Tipe-tipe Kommunikasi meliputi:
Berbicara
Diskusi
Bertanya
Kuliah
Presentasi
Dialog
Percakapan
Debat
Argumentasi
Mengobrol
Komunikasi verbal biasanya digunakan:
Bertemu dan memberi salam orang
Memberi petunjuk
Memberi instruksi
Menjawab pertanyaan
Melayani pelanggan
Membantu masalah pelanggan
Menjelaskan barang dan pelayanan
Menangani pengaduan
Meminta maaf
Komunikasi dengan kolega.
OHT 7 HO 8
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Komunikasi non verbal mungkin melibatka penggunaan :
Bahasa tubuh
Gerakan tangan
Bahasa isyarat
Gerakan tubuh
Diagram dan fotografi
Petunjuk / brosur (dalam bahasa yang berbeda)
Alarm.
OHT 8 HO 9
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Contoh-contoh kata yang biasa digunakan di industri pariwisata:
Terima kasih kembali
Thank you/Terima kasih
Please/silahkan/maaf
No/tidak
Yes/ya
See you/ Good Bye (sampai jumpa)
O.K./ All right (baik)
Pardon (maaf)
Dapatkah anda membantu saya ?
Selamat menikmati
Maafkan saya
Sorry/maaf
I understand. / saya tahu
OHT 9 HO 10
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Gerakan tubuh dapat digambarkan sebagai:
Penggunaan tubuh, khususnya tangan untuk menyampaikan maksud tertentu.
Gerakan fisik yang menunjukan perasaan atau maksud.
Contohnya:
OHT 10 HO 11
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Bantuan dapat diperoleh dari :
Kolega
Dari tempat kerja yang sama
Dari sector industri yang sama
Dari persatuan industri.
Sahabat dan relasi
Buku-buku referensi
Panduan travel
Ensiklopedi
Buku-buku tentang topik khusus
Organisasi luar
Pelayanan interpretasi
Pelayanan diplomatik
Organisasi budaya lokal
Agen-agen pemerintah yang cocok
Lembaga pendidikan.
OHT 11 HO 12
Kaitan dengan kesalahpahaman
Konflik atau kesalahpahaman mungkin terjadi karena:
Pemahaman yang rendah/kurang tentang budaya atau sistuasi orang lain.
Pemahaman yang rendah/kurang tentang masalah orang lain
Kurangnya prosedur yang tepat ditempat kerja.
Communikasi yang terbatas
Tehnik komunikasi yang rendah
Kurangnya penghargaan terhadap budaya orang lain.
Kurangnya penghargaan terhadap kolega lain
Prasangka
Rasisme
Alasan-alasan lain.
OHT 12 HO 13
Kaitan dengan kesalahpahaman
Orang yang tepat untuk membantu dalam kesulitan mungkin termasuk :
Kepala Departmen/ketua tim
Supervisor
Kolega di suatu departmen
Kolega di departmen lain
Para sahabat
Staf SDM
Manajer penjualan/manajer umum
Konsultan luar.
OHT 13 HO 14
Kaitan dengan kesalahpahaman
Cara-cara untuk mengani kesulitan/kesalahpahaman meliputi:
Mendengarkan dengan hati-hati
Tidak menyela
Menunggu sampai orang lain selesai bicara g
Memohon maaf atas kesalahpahaman
Bertanya unttuk memperjelas pemahaman anda tentang suatu masalah
Menunjukan empati dan pengertian dan menceritakan kepada orang tersebut bahwa anda ingin membantu menyelesaikan masalah
Berbicara yang datar dan tidak menaikkan suara anda.
Tetap tenang dan ramah
Menjelaskan tindakan apa yang diambil
Sampaikan kepada orang yang tepat dimana dibutuhkan.
Jaga/simpan informasi seseorang.
Apa arti perbedaan budaya?
Perbedaan budaya adalah p[erbedaan cara berperilaku dan berinteraksi dengan orang dari budaya yang berbeda. Kadang perbedaan cara akan kelihatan aneh atau ofensif bagi orang lain. Kepedulian terhadap perbedaan budaya akan memberikan anda pemahaman kenapa orang bertindak seperti yang mereka lakukan dan bereaksi kepada anda sesuai tindakan mereka.
Perbedaan budaya mungkin berkaitan dengan :
Ras/kelompok etnis
Bahasa
Orang dengan kekurangannya
Struktur keluarga
Jenis kelamin
usia
pilihan seksual
Agama
Status sosial
OHT 2 HO 3
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Hormat dapat didefinisikan sebagai :
Pertimbangan dan kepedulian terhadap jalan hidup yang berbeda.
Contohnya:
OHT 3 HO 4
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Kepekaan dapat di gambarkan sebagai:
Penghargaan terhadap latarbelakang dan budaya orang lain.
Tindakan yang tidak memfonis ketika berinteraksi dengan orang lain.
Contohnya:
OHT 4 HO 5
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Kita dapat menunjukan rasa hormat terhadap perbedaan budaya dengan :
Mempersilahkan orang lain dengan cara yang ramah.
Akrab
Persiapkan menggunakan solusi mereka meskipun solusi kita adalah yang baik.
Memperkenalkan dan mencoba mengenal latarbelakang mereka(kebangsaan, ras, usia dll.)
Menawarkan saran daripada memberikan perintah atau instruksi.
Dengarkan apa yang mereke katakan
Mencoba untuk memahami kebutuhan mereka dan keinginan mereka.
OHT 5 HO 6
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Kita bisa menjadi sensitif dengan budaya yang berbeda dengan :
Menjadi responsif terhadap pertanyaan, masalah dan kebutuhan mereka
Bertanya untuk meyakinkan situasi mereka.
Menunjukan empati dan pengertian terhadap situasi mereka.
Memberi perhatian penuh kepada mereka dan tidak terpengaruh dengan apa yang terjadi.
Tidak menilai tentang mereka.
OHT 6 HO 7
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Tipe-tipe Kommunikasi meliputi:
Berbicara
Diskusi
Bertanya
Kuliah
Presentasi
Dialog
Percakapan
Debat
Argumentasi
Mengobrol
Komunikasi verbal biasanya digunakan:
Bertemu dan memberi salam orang
Memberi petunjuk
Memberi instruksi
Menjawab pertanyaan
Melayani pelanggan
Membantu masalah pelanggan
Menjelaskan barang dan pelayanan
Menangani pengaduan
Meminta maaf
Komunikasi dengan kolega.
OHT 7 HO 8
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Komunikasi non verbal mungkin melibatka penggunaan :
Bahasa tubuh
Gerakan tangan
Bahasa isyarat
Gerakan tubuh
Diagram dan fotografi
Petunjuk / brosur (dalam bahasa yang berbeda)
Alarm.
OHT 8 HO 9
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Contoh-contoh kata yang biasa digunakan di industri pariwisata:
Terima kasih kembali
Thank you/Terima kasih
Please/silahkan/maaf
No/tidak
Yes/ya
See you/ Good Bye (sampai jumpa)
O.K./ All right (baik)
Pardon (maaf)
Dapatkah anda membantu saya ?
Selamat menikmati
Maafkan saya
Sorry/maaf
I understand. / saya tahu
OHT 9 HO 10
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Gerakan tubuh dapat digambarkan sebagai:
Penggunaan tubuh, khususnya tangan untuk menyampaikan maksud tertentu.
Gerakan fisik yang menunjukan perasaan atau maksud.
Contohnya:
OHT 10 HO 11
Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
Bantuan dapat diperoleh dari :
Kolega
Dari tempat kerja yang sama
Dari sector industri yang sama
Dari persatuan industri.
Sahabat dan relasi
Buku-buku referensi
Panduan travel
Ensiklopedi
Buku-buku tentang topik khusus
Organisasi luar
Pelayanan interpretasi
Pelayanan diplomatik
Organisasi budaya lokal
Agen-agen pemerintah yang cocok
Lembaga pendidikan.
OHT 11 HO 12
Kaitan dengan kesalahpahaman
Konflik atau kesalahpahaman mungkin terjadi karena:
Pemahaman yang rendah/kurang tentang budaya atau sistuasi orang lain.
Pemahaman yang rendah/kurang tentang masalah orang lain
Kurangnya prosedur yang tepat ditempat kerja.
Communikasi yang terbatas
Tehnik komunikasi yang rendah
Kurangnya penghargaan terhadap budaya orang lain.
Kurangnya penghargaan terhadap kolega lain
Prasangka
Rasisme
Alasan-alasan lain.
OHT 12 HO 13
Kaitan dengan kesalahpahaman
Orang yang tepat untuk membantu dalam kesulitan mungkin termasuk :
Kepala Departmen/ketua tim
Supervisor
Kolega di suatu departmen
Kolega di departmen lain
Para sahabat
Staf SDM
Manajer penjualan/manajer umum
Konsultan luar.
OHT 13 HO 14
Kaitan dengan kesalahpahaman
Cara-cara untuk mengani kesulitan/kesalahpahaman meliputi:
Mendengarkan dengan hati-hati
Tidak menyela
Menunggu sampai orang lain selesai bicara g
Memohon maaf atas kesalahpahaman
Bertanya unttuk memperjelas pemahaman anda tentang suatu masalah
Menunjukan empati dan pengertian dan menceritakan kepada orang tersebut bahwa anda ingin membantu menyelesaikan masalah
Berbicara yang datar dan tidak menaikkan suara anda.
Tetap tenang dan ramah
Menjelaskan tindakan apa yang diambil
Sampaikan kepada orang yang tepat dimana dibutuhkan.
Jaga/simpan informasi seseorang.
Hasil Pleno Komite 13 Agustus 2008
Rapat Pleno Komite SMK Negeri 1 Cilacap pada tanggal 13 Agustus 2008 menghasilkan kesepakatan diantara orang tua / wali murid sebagai berikut :
KLS | DSP | DOS | TABUNGAN | KET. ANGSURAN |
---|---|---|---|---|
1 | Rp. 1.000.000,- | Rp. 90.000,- | Rp. 15.000.- | DSP = 4 X |
2 | RP. 350.000,- | Rp. 85.000,- | Rp. 15.000.- | DSP = 4 X |
3 | Rp. 225.000,- | Rp. 85.000,- | Rp. 15.000,- | DSP = 4 X |
Jumat, 12 September 2008
Tugas Akhir Kompetensi Kelas X UJP
Kompetensi Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
1. Tim Kerja
Untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan dibutuhkan tim kerja yang solid.
Apa pendapat anda mengenai tim kerja tersebut, bagaimana untuk mencapainya.
2. Layanan Pelanggan
Seorang pelanggan datang ke tempat kerja anda mengadukan tiket yang sudah dibeli tidak bisa dipergunakan di Bandara, sementara anda kesulitan dalam menangani masalah tersebut. Apa tindakan anda.
Ketentuan :
Jawablah kedua pertanyaan di atas di kertas A4 diketik rapi, 2 spasi (min. 2 halaman) atau anda dapat menjawab melalui shoutbox komentar. Tugas sudah diterima oleh guru pengampu paling lambat tanggal 15 Oktober 2008. Kerjakan dalam bahasa Indonesia
Selamat Mengerjakan
Kamis, 11 September 2008
Pengumuman Sertifikat Uji Kompetensi
Sertifikat Uji Kompetensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk siswa Usaha Jasa Pariwisata lulusan tahun 2007/2008 dapat diambil di SMK Negeri 1 Cilacap pada jam kerja.