Jumat, 11 September 2009

Coba Berfikir Besar Mulai Dari Sekarang

Setiap kali saya bertemu dengan orang-orang yang akan menjalankan bisnis atau usaha selalu mempermasalahkan modal. Yach..kurang itulah inilah dan sering timbul juga beberapa pertanyaa dari mantan siswa saya yang sama sekali bingung mau usaha apa. Tapi ada juga yang mulai usaha dengan membuat warung kopi, buka counter pulsa, membuka mebel dan laiinya. Sekian tahun mereka menekuni usahanya tapi setiap kali saya tanya jawabannya hanya begitu begitu saja.

Demikian juga ada temen saya selalu menanyakan bagaimana supaya sukses usaha dan pertanyaannya pasti seputar kekurangan modal. Mungkin kalo saya mememiliki kucuran dana yang berlebihan, pasti akan saya salurkan untuk mereka apalagi ada prospek untuk menuju ke yang lebih besar.

Persoalannya sebenarnya bukan dari modal tapi Pola Pikir (mind set). Mereka hanya menjual produk di lingkungan sekitar, yach.....akhirnya segitu aja yang didapat. Tidak pernah berfikir dunia. Bahwa yang membutuhkan produk itu banyak. Kenapa kita tidak berfikir bahwa pembeli ada di seluruh dunia. Nah....internet mungkin solusinya.

Kita kadang tidak mau mengasah otak, atau mengoptimalkan bahkan malas untuk mengoptimalkan otak sehingga tidak ada solusi untuk peningkatan. Apalagi berfikir mendunia.

Konon otak orang Indonesia harganya paling mahal dibandingkan dengan otak orang Perancis, Jerman atau Jepang. Karena masih orisinil alias jarang dipakai. Maaf....itu hanya seloroh saya saja dan menggambarkan bahwa kita jarang mengoptimalkan otak kita untuk peningkatan kesejahteraan, peningkatan pengetahuan. Nah...untuk suatu usaha, bagaimana mungkin usaha kita akan meningkat kalau kita tidak mau mengoptimalkan yang akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.