Kamis, 12 Agustus 2010

Carilah Ilmu (Renungan 2)

Ilmu dan kemudahan ibarat dua sejoli yang tidak dapat dipisahkan. Coba Anda perhatikan para ulama yang mendalami ilmu syariatnya, betapa mudah hidup mereka dan betapa gampangnya kita berinteraksi dengan mereka. Memang demikian karena mereka sesungguhnya telah memahami tujuan hidup ini dan berhasil meraihnya hingga tahu seluk beluknya kehidupan.

Begitu pula sebaliknya Anda akan banyak menjumpai orang yang dalam keadaan sulit dan paling sulit diajak berinteraksi dan paling susah wataknya, serta mungkin paling berat jalan hidupnya. Semua karena mereka tidak memiliki ilmu yang memadai. Ya, karena mereka hanya mampu mendengar kalimat-kalimat yang sebenarnya tidak mereka pahami dan mereka hanya mendengar berbagai masalah tanpa bisa memaknai dan sama sekali tidak bisa mencernanya. Itu karena minimnya ilmu dan pemahamanan.

Mereka belum mengerti tujuan yang harus ditempuhnya dan belum mengerti berbagai persoalan hidup, sebagai konsekuensinya mereka terjerumus ke dalam perkara yang rumit dan membingungkan.

Banyak peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini seperti bunuh diri karena putus asa, tak mampu menahan beban hidup dan tak mampu mencari solusi sehingga mengambil keputusan yang tidak berdasar pada ilmu yang dimilikinya. Padahal setiap kesulitan dibukakan pintu kemudahan bila kita memahaminya. Dan alangkah ruginya kita bila tidak mampu memetik pelajaran dari alam sekitar kita.

Carilah ilmu dan niscaya Anda akan mendapatkan kemudahan.