Rabu, 26 November 2008

Informasi Lowongan Kerja

BAGI para pencari kerja, pameran bursa kerja menjadi kesempatan emas. Maklum, di arena ini tersedia sekitar 3.000 lowongan kerja untuk berbagai jabatan. Sayang, kesempatan ini hanya berlangsung sekali setahun. Selebihnya, pencari kerja lebih banyak mengandalkan iklan lowongan di koran. Padahal, ada alternatif lain untuk mencari kerja, yakni lewat internet. Beberapa keuntungan mencari kerja lewat dunia maya antara lain:

* Praktis. Anda cukup menulis surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup sekali. Berkas dalam bentuk file digital tersebut bisa dipakai selamanya.

* Cepat. Untuk mengirim lamaran hanya butuh beberapa menit dan langsung sampai ke alamat tujuan.

* Mudah. Bisa memilih jenis pekerjaan yang Anda inginkan. Komputer (program) akan memilih lowongan yang sesuai dengan pendidikan dan minat Anda.

* Bisa lewat orang lain. Mengirim lamaran via internet bisa dilakukan orang lain. Anda bisa minta tolong orang lain yang sehari-hari bisa mengakses internet. Keuntungan lain, pencari kerja di internet biasanya tidak sebanyak pelamar lewat koran. Jadi kemungkinan untuk diterima juga lebih besar.

Salah satu situs yang menyediakan layanan tersebut adalah www.karir.com. Dan untuk bisa menikmati layanan tersebut, Anda harus mendaftar dulu sebagai anggota situs tersebut. Untuk menjadi anggota, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti, seperti petunjuk di situs tersebut. Pertama, mengisi data pribadi di formulir pencari kerja. Setelah Anda kirim, akan muncul formulir kedua berisi riwayat pekerjaan (jika ada), riwayat pendidikan, jenis pekerjaan yang Anda cari, dan sebagainya.

Setelah dikirim, Anda pun sudah terdaftar menjadi anggota dan bisa langsung mengirim lamaran, berapa pun dan kapan pun Anda suka. Selain di www.karir.com, ada beberapa situs yang menyediakan layanan serupa. Salah satunya, situs www.nakertrans.go.id milik Depnakertrans yang menyediakan link mencari kerja secara online. Nah, silakan pilih. Yang jelas, Anda tak harus menulis surat lamaran dan ke kantor pos setiap kali ingin melamar pekerjaan. Apalagi sampai pingsan di pameran bursa kerja.

Sabtu, 22 November 2008

Kegiatan SMK/SMA - APBD 2009

WS Pembinaan dan Fasilitasi Nilai2 Kejujuran Siswa SMA/K
Rakor SBI SMA/SMK
Workshop Profile SBI
Workshop Penyusunan Profile SBI SMP, SMA/SMK
Workshop Workshop Pengembangan Teaching Factory
Worksho Pegembangan Bisnis Center
Workshop Pembinaan MKKS/K3S
Workshop Pembinaan Pengawas SMA/SMK
Workshop Peningkatan Manajemen SMK
Pembinaan Peserta OSN Jateng
Pembinaan Peserta Festival Seni dan OOSN SMA/SMK
Lomba mapel SMA/SMK
Lomba LKS Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Kegiatan SMK/SMA - APBD 200

TOT Pengembangan Kur B Jawa
Fasilitasi Pembinaan Guru KIR
Fasilitasi Pembinaan Guru TTG
Workshop Evaluasi Penerapan KTSP
Workshop Pengembangan K3S/MKKS
Workshop Pengembangan MGMP/MGPD
Workshop Pengembangan BKK
Training dan Uji Kompetensi Guru Assessor Real assessment
Workshop Pengembangan UP dan Inovasi SMK
Workshop Pengelolaan bengkel
Workshop INdikator Kinerja SMA/SMK SBI
Workshop Penyusunan modul pembelajaran SBI
Lomba Kreatifitas Guru SBI
Lomba Debat Bahasa Inggris siswa SBI
Workshop Persiapan Implementasi ISO SMA/SMK SBI
LCT UUD 45 SMA/SMK
WS Pembinaan dan Fasilitasi Kewirausahaan siswa SMK

Kegiatan SMA/SMK APBD 2009(PROPINSI)

Workshop Pengembangan Perpus SMA/SMK
Monev bantuan SMA / SMK
WS Eval BSKM SMA/SMK/SMALB
WS Eval Program SMA/SMK SBI
Monev Prog. Imersi
Workshop Review Prog Imersi
Rakor Bantuan embangunan SMA/SMK
Bintek Pustakawan SMA/SMK
TOT Peningkatan B Inggris SMA/SMK SBI
Bintek Pembuatan Media Pembelajaran SMA/SMK SBI
Penyusunan Silabus Pembelajaran SMA/SMK SBI
WS Pengembangan KTSP dan SKL Guru SMA/SMK
WS Pengembangan KTSP dan SKL Guru SMALB
WS Penyusunan Silabus SMALB
WS Peningkatan Kompetensi Mengajar GUru SMA/SMK
WS Penulisan Soal guru SMA/SMK
WS Pendalaman Materi Pelajaran UN Guru SMA/SMK
TOT Pengembangan Kur B Jawa
Fasilitasi Pembinaan Guru KIR
Fasilitasi Pembinaan Guru TTG
Workshop Evaluasi Penerapan KTSP
Workshop Pengembangan K3S/MKKS
Workshop Pengembangan MGMP/MGPD
Workshop Pengembangan BKK
Training dan Uji Kompetensi Guru Assessor Real assessment
Workshop Pengembangan UP dan Inovasi SMK
Workshop Pengelolaan bengkel
Workshop INdikator Kinerja SMA/SMK SBI
Workshop Penyusunan modul pembelajaran SBI
Lomba Kreatifitas Guru SBI
Lomba Debat Bahasa Inggris siswa SBI
Workshop Persiapan Implementasi ISO SMA/SMK SBI
LCT UUD 45 SMA/SMK
WS Pembinaan dan Fasilitasi Kewirausahaan siswa SMK

Selasa, 04 November 2008

kompetensi pilihan

DAFTAR SISWA YANG MENGIKUTI UJI KOMPETENSI LSP

NO NAMA KOMPETENSI PILIHAN KET
1 AJENG KILAU RESWARI Mencari dan mengemas produk dan jasa
2 ALIF DESIYANA Mencari dan mengemas produk dan jasa
3 ANGGUN PRATITIS Mencari dan mengemas produk dan jasa
4 ASRI WIDI MULYAWATI Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
5 DECI TRY IGA HERAWATI Computer reservation system
6 DENI SAFITRI Computer reservation system
7 DESI ARYANTI Computer reservation system
8 DEWI SUPRAPTI Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
9 ELIN YUNIATI Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
10 EMI KUSMIATI Computer reservation system
11 FITRI RIYANTI Mencari dan mengemas produk dan jasa
12 HENI OCTAVIANINGRUM Mencari dan mengemas produk dan jasa
13 IKA YESSY KUMALASARI Bekerja sebagai pramuwisata
14 INA YUNINGSIH Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
15 INGGIT SASKIA Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
16 LINTANG INDRA SWARI Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
17 LUKI DEVI SEPTIANA Mencari dan mengemas produk dan jasa
18 MURNIASIH Computer reservation system
19 MUTIARA NABILA MEDIANY Mencari dan mengemas produk dan jasa
20 NADIA WIJAYANTI Computer reservation system
21 NUR ALIFAH Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
22 NUR ISTIKOMAH Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
23 NUR MAKMUROH Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
24 NURUL WIDIYA RETNO Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
25 OKNA KUNDIARTI NINGSIH Computer reservation system
26 PUJI ARTI Computer reservation system
27 PUPUT MEITYCINDI PRATIWI Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
28 RATIH PUDYASMORO Mencari dan mengemas produk dan jasa
29 RESTINA INDRI SAPUTRI Mencari dan mengemas produk dan jasa
30 RIA SUGIARTI Menghitung dan menerbitkan tiket domestik
31 RIZKI WIDIASTUTI Computer reservation system
32 SOVI YUNITASARI Mencari dan mengemas produk dan jasa
33 SRI PUJI WIDIARTI Mencari dan mengemas produk dan jasa
34 SRI UTAMI Computer reservation system
35 SUCI FITRIANI Computer reservation system
36 SUGIARTI Computer reservation system
37 TRI WULAN SUCIATI Computer reservation system
38 WAGIARSIH Computer reservation system
39 WAHYU OKTAVIANINGSIH Bekerja sebagai pramuwisata
40 YULI TRIANINGSIH Menghitung dan menerbitkan tiket domestik

Cilacap, 4 Nopermber 2008
Ketua Program Keahlian


Winardi
kesalahan karena keterlambatan informasi menjadi tanggung jawab siswa masing2.

Senin, 03 November 2008

INFORMASI PENTING

Berikut ini jadual kegiatan UJP tingkat III 2008/2009

06 Nopermber 2008 General Prior Consultation dan UJi kompetensi
dari LSP di Wisma Kagama UGM pukul 08.30
07 - 11 November 2008 Uji Kompetensi dari LSP (pelaksanaan diatur oleh LSP)
12 November 2008 - Mulai Pengayaan TOEIC dan Ujian Nasional (UN) di sekolah
15 November - 15 Desember 2008 Pembimbingan Tugas Akhir (TA) /di luar jam KBM
20 Desember 2008 TA harus sudah selesai dijilid.
awal Januari 2009 Rencana Test TOEIC
10 Januari 2009 Rencana Pengujian TA
Maret akhir 2009 Rencana Ujian Nasional
15 - 20 Maret 2009 Rencana Ujian Kompetensi Keahlian. Teori dan Praktik serta
penugasan individual (bentuk pengujian seperti Lomba Ketrampilan Sekolah)

Mengingat padatnya jadual tersebut, mohon setiap siswa mempersiapkan diri dengan baik. Semoga sukses

Kamis, 30 Oktober 2008

Kerjasama dengan Kolega-kolega dan Pelanggan-pelanggan

Penjelasan Unit
Unit ini berhubungan dengan interpersonal (berhubungan dengan orang lain), komunikasi dan pengetahuan mengenai pelayanan kepada pelanggan dan sikap yang dibutuhkan bagi semua orang yang bekerja di bidang pariwisata dan industri hotel dan restoran.
Elemen Kompetensi dan Kriteria Unjuk Kerja
01 Berkomunikasi di tempat kerja
1.1 Komunikasi dengan kolega dan pelanggan dilakukan secara terbuka, professional dan secara ramah tamah.
1.2 Menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat.
1.3 Pengaruh bahasa tubuh dipertimbangkan.
1.4 Kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan diperlihatkan.
1.5 Aktif mendengarkan dan bertanya dipergunakan untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah.
1.6 Potensi dan konflik yang ada diidentifikasi dan dicari solusinya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan.
02 Menyediakan bantuan kepada pelanggan-pelanggan di dalam dan di luar perusahaan.
2.1. Kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapan pelanggan, termasuk di dalamnya kebutuhan khusus, diidentifikasi secara benar dan produk-produk serta pelayanan di berikan secara tepat.
2.2. Semua komunikasi dengan pelanggan-pelanggan dilakukan secara ramah tamah dan sopan.
2.3. Semua kebutuhan-kebutuhan dan permintaan-permintaan yang layak dari pelanggan dipenuhi di dalam jangka waktu yang dapat diterima sesuai tenggat waktu perusahaan.
2.4. Kesempatan untuk mempertinggi kualitas pelayanan diidentifikasi dan diambil bilamana memungkinkan.
2.5. Ketidakpuasan pelanggan dikenali tepat waktu dan diambil tindakan untuk memecahkan situasi sesuai dengan tingkat tanggung jawab individu dan tata cara perusahaan.
2.6. Keluhan-keluhan pelanggan ditangani secara sungguh-sungguh, peka dan sopan.
2.7. Keluhan diserahkan kepada orang yang tepat untuk ditindaklanjuti sesuai dengan tingkat tanggung jawab individu.
03 Memelihara standar presentasi pribadi
3.1. Standar unggul dari presentasi pribadi dilatih dengan mempertimbangkan:
3.1.1. Tempat kerja
3.1.2. Masalah kesehatan dan keselamatan
3.1.3. Pengaruh dari jenis-jenis pelanggan yang berbeda-beda.
3.1.4. Kebutuhan-kebutuhan presentasi khusus untuk fungsi-fungsi pekerjaan khusus.
04 Bekerja dalam satu tim
4.1. Kepercayaan, dorongan dan rasa hormat ditunjukkan kepada anggota tim di dalam kegiatan sehari-hari.
4.2. Perbedaan kebudayaan diantara tim ditampung.
4.3. Tujuan kerja tim diidentifikasi bersama-sama.
4.4. Tugas-tugas individu diidentifikasi, diprioritaskan dan dilengkapi dalam tenggat waktu.
4.5. Bantuan dicari dari anggota tim lainnya bila dibutuhkan.
4.6. Bantuan diberikan kepada kolega-kolega untuk memastikan pencapaian tujuan kerja yang telah ditetapkan.
4.7. Umpan balik dan informasi dari anggota tim lainnya diakui.
4.8. Perubahan-perubahan tanggung jawab individu dinegosiasikan kembali untuk memenuhi tujuan-tujuan kerja.

Variabel Situasi / Konteks
Unit ini berlaku untuk sektor – sektor industri pariwisata, sektor hotel dan restoran.
Tergantung kepada organisasi dan situasi khusus dari pelanggan dapat termasuk tapi tidak terbatas pada:
• Anggota dari sektor-sektor pariwisata dan sektor hotel dan restoran lainnya.
• Individu-individu atau kelompok-kelompok di dalam perusahaan.
• Tempat tinggal setempat.
• Tamu-tamu
• Media
• Teman sekerja / kolega.
Pelanggan-pelanggan dengan kebutuhan-kebutuhan khusus bisa termasuk:
• Mereka yang cacat.
• Kebutuhan-kebutuhan khusus.
• Anak-anak yang tidak ditemani orang tuanya.
• Orang tua-orang tua yang membawa anak-anak kecil.

Pedoman untuk Bukti Kemampuan
Pengetahuan dan Keterampilan Yang Harus Dikuasai:
Untuk menunjukkan kemampuan, bukti pengetahuan dan ketrampilan diperlukan bidang – bidang sebagai berikut:
• Kebutuhan-kebutuhan dan pengharapan dari pelanggan yang berbeda sesuai dengan sektor industri secara tepat.
• Pengetahuan dari komunikasi yang efektif sehubungan dengan mendengarkan, menanyakan dan komunikasi non verbal.
• Pengertian atas prinsip-prinsip kerjasama.

Pelaksanaan Penilaian:
Unit ini boleh diuji di tempat kerja atau di luar tempat kerja.
Ujian harus termasuk demonstrasi praktis di tempat kerja atau melalui simulasi. Hal ini harus disokong dengan berbagai metode untuk menguji pengetahuan keterampilan.
Aspek Kritikal / Penting untuk Penilaian:
Fokus dari unit ini akan berubah-ubah tergantung dari konteks kebudayaan di tempat kerja. Pengujian harus mempertimbangkan berbagai variasi kebudayaan dan kebutuhan khusus yang dipergunakan di situasi tertentu. Bukti dari kompetensi harus berhubungan dengan komunikasi yang berbeda dan konteks-konteks pelayanan kepada pelanggan dan bisa dibutuhkan untuk dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu.
Mencari:
• Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan dan kolega (termasuk dengan mereka yang mempunya kebutuhan-kebutuhan khusus) di dalam situasi yang berbeda yang dibutuhkan untuk peran pekerjaan yang relevan.
• Kemampuan untuk bekerja di dalam suatu tim.
• Kemampuan untuk menanggapi secara efektif bagi berbagai situasi pelayanan kepada pelanggan.
• Pengertian akan komunikasi dan pelayanan kepada pelanggan dan pentingnya di dalam konteks pariwisata, hotel dan restoran.
Kaitan dengan Unit lain:
Ini adalah unit ini yang menyokong ujung kerja yang efektif di unit-unit yang lain. Disarankan unit ini untuk diuji berkaitan dengan operasi dan pelayanan unit-unit yang lain.
Harus diperhatikan bagaimana mengembangkan pelatihan untuk memenuhi persyaratan unit ini. Bagi pelatihan kejuruan yang umum, organisasi sebaiknya memberikan pelatihan yang mempertimbangkan konteks industri secara menyeluruh tanpa bias pada sektor tertentu. Varisi Situasi akan dapat membantu dalam hal ini. Pelatihan untuk sektor tertentu materinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan sektor tersebut.
KEMAMPUAN KUNCI DALAM UNIT INI TINGKAT KEMAMPUAN KUNCI DALAM UNIT INI TINGKAT
Mengumpulkan, mengorganisasi, dan menganalisis informasi 1 Menggunakan konsep dan teknik matematika -
Mengkomunikasikan ide dan informasi 1 Memecahkan masalah 1
Merencana dan mengorganisasi kegiatan 1 Menggunakan teknologi 1
Bekerja dengan orang lain dan dalam tim 1

Tingkat kemampuan yang harus didemonstrasikan untuk mencapai kompetensi ini
Tingkat Karakteristik / ciri
1 Dapat melakukan tugas rutin sesuai dengan prosedur yang berlaku tetapi masih harus diperiksa secara berkala oleh penyelia.
2 Dapat melakukan tugas yang lebih kompleks dan luas dengan peningkatan kemampuan untuk bekerja sendiri dengan tanggung jawab. Pekerjaan diperiksa oleh penyelia setelah selesai.
3 Dapat melakukan kegiatan kompleks dan tidak rutin, mempunyai kemampuan untuk bekerja sendiri dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan orang lain.