Jumat, 29 Agustus 2008

Kegiatan Pecinta Alam

Pecinta Alam SMKN1 Cilacap
Keindahan Bawah Tanah Goa Petruk
Sejumlah anggota KPPA Aksepa SMKN 1 Cilacap minggu tanggal 24 Agustus 2008 melakukan ekspedisi menulusuri gua Petruk di Ayah Kebumen. Kegiatan Caving ini diikuti oleh sekitar 12 siswi SMKN 1 Cilacap. Peralatan yang dibawa diantaranya lampu, tali, kamera, helem pengaman dan tentu saja sepatu untuk segala medan. 
Diperlukan keteguhan hati, kesabaran, kekuatan mental untuk dapat menulusuri goa yang banyak celah berbatu dan sempit untuk dilalui. Sering kali harus berenang untuk melanjutkan perjalanan karena di dalam dalam goa sering pula terdapat genangan air. Kehati-hatian sangat diutamakan mengingat banyak permukaan yang tidak rata bahkan relatif berlubang baik berair maupun kering.
Hasil ekspedisi ditemukan adanya proses Karstifikasi yaitu bentang alam yang secara khusus berkembang pada batuan karbonat sehingga goa berbentu rongga-rongga. Proses ini terjadi ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu. Hasil pelarutan air yang merembes ke dalam goa sering dijumpai di dalam goa yang disebut dengan stalaktit (menggantung dari atap goa) dan stalagmit (membumbung dan meninggi dari dasar goa). Stalaktit dan stalagmit yang menyatu akan membentuk pilar atau kolom.
Sungguh luar biasa Kekuasaan Tuhan bila kita lihat kokohnya pilar-pilar karena proses alam. 
Perjalanan susur goa selama 3 jam tersebut mungkin tidak bisa kita lakukan bila kita tidak memiliki mental yang kuat, dan kecintaan pada alam yang begitu mempesona. Mungkin anda sudah sering melihat pesona di atas tanah, bagaimana dengan pesona di bawah tanah ? Waw…luar biasa.

1 komentar:

Ery mengatakan...

wah dijaman saya blm di expose pak,..
dulu kan expedisine ke gunung lawu,sindoro,merbabu